• Jl. A. Yani No.31 Kalikabong Purbalingga
  • (0281) 6580055
  • kenmriki.swalayan@gmail.com

Tips Membeli HP Baru Agar Tidak Kecewa


Jika kita berkesempatan jalan-jalan di pertokoan atau tempat jual beli HP, sering kita melihat langsung orang membeli HP baru. Namun, tak jarang juga ditemui calon pembeli ini kebingungan dengan HP baru yang akan dibeli dikarenakan banyaknya merek baru ditawarkan dan mereka tidak punya perencanaan seperti apa HP baru yang akan dibeli.
Banyak diantara kita yang memilih HP baru karena melihat teman kita memiliki HP bagus dan menarik. Ada juga yang terbujuk iklan, dengan penawaran super manis akan fitur yang dimiliki yang sebenarnya tidak begitu mereka butuhkan. Atau seperti di atas, asal datang saja ke konter HP tanpa merencakan HP apa yang akan dibeli. Akibatnya, kadang kita menyesal karena HP yang dibeli tidak sesuai kebutuhan.
Ada beberapa tips yang sebenarnya bisa kita lakukan sebelum membeli HP baru agar di kemudian hari tidak menyesal.
  1. Sesuaikan dengan kebutuhan
    Ada banyak alasan ketika kita memutuskan membeli HP baru. Ada yang karena belum memiliki HP, HPnya hilang, ingin fitur yang lain dari HP yang sudah dimiliki, atau cuma alasan sederhana karena ingin bisa komunikasi lewat panggilan dan SMS. Namun yang pasti, ada satu alasan kebutuhan ketika kita ingin membeli HP baru. Pilihlah sesui kebutuhan itu. Tak perlu membeli HP baru dengan fitur foto yang canggih kalau memang tidak suka foto-foto, tak usah pilih fitur musik canggih kalau memang tak suka musik, tak perlu cari yang bisa internetan kalau memang tak butuh internet lewat HP.
  2. Lakukan pencarian atau searching
    Setelah ketemu kriteria HP yang dibutuhkan, lakukan pencarian di internet. Ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui HP baru yang diinginkan mulai dari spesifikasi, fitur hingga harga.
    Atau bisa juga mencari informasi melalui tabloit khusus HP. Walau cara ini lebih terbatas dibanding mencari lewat internet, namun bisa jadi alternatif jika tidak sempat mengakses internet.
  3. Cari alternatif
    Paling tidak ini bisa jadi rencana B jika HP baru yang dipilih ternyata tidak ditemukan di konter setempat. Dari pada harus jauh-jauh ke tempat lain, lebih baik membeli HP baru lain yang juga sesuai kebutuhan. Lebih efisien dan tak banyak buang-buang waktu.
  4. Periksa kondisi barang dan kelengkapan
    Jika sudah ketemu HP baru  yang mau dibeli, sebelum dibayar pastikan tidak ada cacat dan semua fitur berjalan dengan baik. Periksa nomor identitas HP atau IMEI (International Mobile Equipment Identity) untuk mengetahui kualitasnya dengan cara ketik *#06#, otomatis nomor IMEI akan muncul. perhatikan angka ke tujuh dan ke delapan
    • Nomor 00 berarti buatan Perancis, kualitas terbaik.
    • Nomor 01 atau 10 berarti buatan Finlandia, kualitas cukup baik
    • Nomor 08 atau 80 berarti buatan Jerman, kualitas lumayan
    • Nomor 02 atau 20 berarti buatan Asia, kualitas di bawah negara-negara di atas.
    Bagaimana jika nomor IMEI tidak memunculkan salah satu angka di atas ? Itu artinya HP tersebut tak jelas identitasnya atau sering disebut HP bodong. Lebih baik membeli HP baru yang lain atau membeli HP bekas yang berkualitas.

Contact

KENMRIKI SWALAYAN
Sahabat belanja kita semua
Jl. Ahmad Yani No.31 Kalikabong - Purbalingga 53321
(100m utara terminal bus Purbalingga)

No Telp : (0281) 6580055
Email : kenmriki.swalayan@gmail.com
Web : www.kenmrikiswalayan.com
Facebook : Kenmriki Swalayan
Twitter : @Kenmriki_PBG
Instagram : kenmriki_swalayan


Kritik & Saran

Nama

Email *

Pesan *